Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

ORI Dan Sukri Terus Alami Tren Peningkatan


 

Jakarta, 03/08/2011 MoF (Fiscal) News - Perkembangan yang telah dicapai Obligasi Negara Ritel (ORI) dan surat utang syariah Sukuk Ritel (Sukri) sangat baik dengan mendapat respon positif dari investor. Hal tersebut dikatakan Direktur Surat Berharga Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kemenkeu Bhimantara Widyajala, saat menghadiri penandatangan perjanjian kerja sama antara Kemenkeu dengan agen penjual ORI 2011, di Graha Sawala pada Rabu (3/8).

“Untuk ORI adalah seri kedelapan, Pemerintah menerbitkan instrumen ritel. Kemudian yang sudah tiga kali (seri ke tiga), mendapat respon yang baik sekali dari para investor,” katanya. Bhimantara juga memaparkan, saat ORI seri 001 diterbitkan, capaian yang didapatkan hanya Rp3,2 triliun. Namun sekarang, total surat berharga ritel yang outstanding adalah Rp72,5 triliun. “Jadi, dalam kurun waktu lebih kurang lima tahun berlipat 23 kali. Ini adalah progres yang sangat besar dan sangat baik. Ada tren peningkatan disini,” katanya

Adapun kepemilikan ORI yang tercatat hingga 18 Juli 2011 masih di dominasi oleh investor perorangan (individu). Tercatat, kepemilikan investor perorangan mencapai 43,49 persen dan pada Reksadana mencapai 19 persen. “Artinya pemegang ORI adalah beragam dan individu tetap pemegang (ORI) dengan porsi terbesar,” jelasnya. (ak)