Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Paket Ekonomi Keempat Atur Kebijakan Pengupahan yang Lebih Terproyeksi

Jakarta, 19/10/2015 Kemenkeu - Salah satu topik yang diangkat dalam paket kebijakan ekonomi keempat adalah kebijakan pengupahan yang adil, sederhana dan terproyeksi. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, tujuan dari penetapan UMP adalah untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya.


“Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. Semua ini merupakan bukti kehadiran negara dalam bentuk pemberian jaring pengaman sosial melalui kebijakan upah minimum dengan sistem formula,” katanya seperti dilansir melalui laman Kemenko Perekonomian pada Senin (19/10).


Ia menambahkan, melalui kebijakan ini, diharapkan upah buruh akan naik setiap tahun dengan besaran yang terukur, namun di sisi lain juga memberi kepastian kepada pengusaha dalam berusaha. Masalah upah ini merupakan hal yang sangat strategis bagi pengusaha dan pekerja, dan masing-masing pihak mempunyai pandangan yang berbeda. Oleh karena itu akan ada Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pengupahan yang akan mengatur mengenai formula perhitungan upah minimum. (as)