Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Paket Kebijakan Ketiga Untuk Jaga Kelangsungan Usaha dan Daya Beli Masyarakat

Jakarta, 07/10/2015 Kemenkeu - Pemerintah akan mengeluarkan Paket Kebijakan Ketiga dalam beberapa waktu mendatang. Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, paket kebijakan kali ini akan lebih jelas targetnya yaitu untuk menjaga kelangsungan usaha dan untuk menjaga daya beli masyarakat. Ini disampaikannya saat konferensi pers di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Senin (05/10).


Target untuk menjaga kelangsungan usaha, menurut Menkeu, bahwa pemerintah berusaha meringankan harga energi yang mungkin memberikan tekanan pada perusahaan. Selain itu, pemerintah juga berusaha menekan kemungkinan tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan. “Melalui LPEI, kami akan memberikan dukungan kepada UKM-UKM yang terancam usahanya atau terganggu usahanya karena kondisi sekarang. Utamanya UKM padat karya. Syaratnya adalah tidak boleh ada PHK,” jelas Menkeu.


Selanjutnya, untuk menjaga daya beli masyarakat, salah satunya adalah dari pencairan dana desa yang lebih baik. Ini ditujukan agar masyarakat dapat langsung menikmati pembangunan di desanya masing-masing, namun Menkeu berharap pembangunan desa dapat dilakukan oleh warganya sendiri. Nantinya, akan ada Surat Keputusan Bersama 3 Menteri yang akan mengatur hal tersebut, untuk menekan pembangunan desa dilakukan oleh kontraktor.


“Dengan cash for work, kita harapkan nanti tidak hanya proyek infrastruktur yang bertambah, tapi juga jumlah tenaga kerja yang diserap, plus income yang mereka terima. Karena sifatnya swakelola,” jelas Menkeu. (as)