Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Panen Raya Padi di Indramayu Stok Beras Jawa Barat Aman

 

 

Jakarta, 20/08/2010 MoF (Fiscal) News - Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan beberapa menteri serta kepala badan di bawah koordinasinya mengunjungi Panen Raya Padi di Desa Benduyut, Kecamatan Bangodua, Kebupaten Indramayu, Jawa Barat pada Jumat (20/08).

 

Kunjungan Menko Perekonomian dan para menteri ke Indramayu ini adalah untuk memastikan ketersediaan beras di tanah air, baik yang masih ada di sawah maupun di gudang. Dari hasil kunjungan ini, dapat disimpulkan produksi dan stok beras relatif mencukupi. Namun, pemerintah tetap mencermati situasi global dan lokal, dan bersiap jika sewaktu-waktu terjadi kekurangan stok. "Stok beras Jawa Barat mencukupi untuk tujuh sampai delapan bulan ke depan. Jumlah tersebut masih bisa bertambah, tergantung dari permintaan dan jumlah padi yang tersedia setelah panen raya padi. Gabah juga masih terus masuk," jelas Menko Perekonomian.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Regional Bulog Jawa Barat Abdul Karim menyatakan, stok beras untuk daerah Jawa Barat selama 7-8 bulan ke depan setara dengan 320.000 ton. "Itu untuk Jawa Barat saja, bahkan kita ada permintaan untuk mengirim ke Jakarta sebanyak 2.000 ton," ujarnya. Hingga akhir tahun ini, lanjtnya, Bulog Divisi Regional Jawa Barat menargetkan untuk menyalurkan beras hingga 450.000 ton.(DM)