Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pasar Obligasi Lokal Asia Timur Tumbuh 12,1 Persen

Jakarta, 07/06/2013 MoF (Fiscal) News - Pasar obligasi di kawasan berkembang Asia Timur tumbuh 12,1 persen year-on-year menjadi 6,7 triliun pada akhir Maret 2013. Hal ini sesuai dengan data Asian Development Bank (ADB) yang tercatat dalam Asia Bond Monitor yang diluncurkan baru-baru ini. Asia Bond Monitor yang dipublikasikan setiap kuartal melakukan analisis pasar di Republik Rakyat China, Hong Kong, Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Menurut ADB, kenaikan tersebut didorong oleh pertumbuhan dua digit pada obligasi korporasi.“Kita akan melihat pertumbuhan lebih tinggi lagi di pasar obligasi, mengingat terus berkembangnya ekonomi di kawasan ini, dan makin nyamannya investor lokal dan asing untuk meminjam dalam mata uang lokal,” ujar Kepala Kantor Integrasi Ekonomi Regional ADB Iwan Jaya Azis.

Ia menambahkan, pasar obligasi lokal di kawasan tersebut saat ini memiliki porsi yang semakin besar terhadap ekonominya, dibandingkan dengan data tiga bulan lalu dan tahun lalu, tepatnya sebesar 54,8 persen dari Produk Domestik Bruto pada akhir Maret 2013. Sementara, pasar obligasi lokal kawasan tersebut pada akhir Desember 2012 tercatat sebesar dengan 54,6 persen dari PDB, dan pada akhir Maret 2012 sebesar 52,8 persen dari PDB. “Pemerintah dan perusahaan kini juga mampu mengelola pinjaman mereka dengan lebih baik dibandingkan dengan satu dekade yang lalu,” imbuhnya. 

Pasar obligasi korporasi di kawasan tersebut tumbuh sebesar 19,5 persen year-on-year dan 4,6 persen quarter-on-quarter menjadi 2,4 triliun dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir Maret 2013. Pada saat yang sama, pasar obligasi pemerintah cenderung tumbuh lebih perlahan, yaitu 8,3 persen per tahun dan 2,0 persen per kuartal menjadi 4,3 triliun dolar AS.(ak)