Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pegawai Pajak Nakal Perlu Dihukum Berat

Jakarta, 17/05/2013 MoF (Fiscal) News – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II Mahendra Siregar menyatakan sependapat dengan usulan untuk menghukum gantung para pegawai pajak yang terkena kasus penyelewengan. “Kalau memang hukumnya begitu, saya setuju saja,” kata Wamenkeu II di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta pada Jumat (17/5).  Hal ini ia ungkapkan saat ditanya apakah setuju terhadap hukuman gantung yang dikenakan pada pegawai pajak yang nakal.

Wamenkeu II mengaku bahwa evaluasi kinerja di Kementerian Keuangan, khususnya di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus dilakukan. Ia juga sangat mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah menangkap tangan penyalahgunaan kewenangan di DJP. “Langkah-langkah yang dilakukan oleh KPK seperti kemarin tentu kita juga akan dukung. Hal itu pada gilirannya, suatu pesan yang jelas bahwa sikap dan cara yang dilakukan oleh mereka harus betul dihukum yang setimpal. Saya rasa pesan yang konsisten itu yang dikirim,” ungkapnya. 

Menurutnya, beberapa penangkapan yang terjadi beberapa waktu terakhir ini seharusnya memberikan efek jera bagi para pegawai pajak yang nakal. Untuk mencegah hal yang sama terjadi, pihaknya juga mengajak Wajib Pajak (WP) agar turut serta melaporkan pegawai pajak yang nakal. Hal ini dikarenakan, penyelesaian kasus seperti ini harus dari dua belah sisi. “Ini kan ada dua sisi, coba dilihat juga, jangan lagi semua bisa melakukan secara itu. Lho kok masih pakai cara itu, bukan berarti saya mengelak tanggung jawab. Dari sisi lain (WP) juga sama harusnya,” pungkasnya.(nic)