Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pembangunan Infrastruktur Terpadu Kota Kupang Dukung Pariwisata NTT

Jakarta, 25/02/2021 Kemenkeu - Infrastruktur Kota Kupang sebagai Ibu Kota Provinsi turut dibangun untuk dukung pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti Labuan Bajo.

Pembangunan infrastruktur dilakukan secara terpadu mulai dari penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya. Kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” kata Menteri Basuki seperti dikutip dari situs KemenPUPR.

Penataan Kota Kupang dikerjakan secara bertahap. Tahap I sudah mulai dilaksanakan dengan menata 3 lokasi yakni kawasan Kota Lama atau Pantai Lai-lai Besi Kopan, Pantai Kelapa Lima, dan Koridor 3 Jalan Frans Seda dengan nilai kontrak Rp81 miliar dari APBN TA 2020-2021 (MYC). Saat ini progres fisik seluruhnya sudah 3,2%.

Penataan kawasan wisata di Kota Kupang diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru berskala nasional, berbasis alam, dan rekreasi budaya yang akan melengkapi DPSP Labuan Bajo. Di samping itu, penataan kawasan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal. (nr/mr/hpy)