Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pembentukan BPJS dan OJK, Pemerintah Terus Maju

Jakarta, 14/06/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah optimistis Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terbentuk, dan akan mencapai titik temu dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Penegasan tersebut disampaikan Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo pada Senin (13/06) malam di Jakarta.

“Untuk BPJS dan OJK, kita (pemerintah) akan maju terus,” katanya. Optimisme Menkeu didasari oleh   banyaknya kemajuan dalam pembahasan dan penyusunan BPJS dan OJK,  antara Pemerintah dan DPR. “BPJS  dan OJK sudah mengalami kemajuan. Sudah banyak sekali kemajuannya, seperti tentang badan hukum (BPJS),” ungkapnya.

Menkeu juga telah mengusulkan bahwa tidak ada  peleburan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, semua itu bertahap sesuai dengan kesiapan BPJS dan kesiapan BUMN. Menkeu menambahkan, BPJS akan bersifat sukarela dan dipastikan berbadan hukum usaha publik. “Nanti yang akan dipindahkan ke dalam BPJS adalah programnya (dari BUMN).

Baik Pemerintah maupun DPR telah menyepakati untuk mencantumkan ketentuan mengenai peralihan dan implikasinya. "Contohnya dari Jamsostek, yang punya Jaminan hari tua, kesehatan, kecelakaan. Nah, kalau kesehatan duluan (yang sudah siap), ya kesehatan dulu yang masuk. Nanti kalau kecelakan kerja yang siap, ya kecelakan kerja dulu yang masuk," jelasnya.(ak)