Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Ajukan RUU JPSK


Jakarta, 30/09/2011 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengatakan, pemerintah akan mengajukan pembahasan Rancangan Undang-Undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). Demikian disampaikannya saat ditemui di JITEC Mangga Dua, Jakarta pada Jumat (30/9).

Menkeu mengatakan, pemerintah akan memasukkan UU JPSK karena dinilai penting dalam melakukan harmonisasi. “Kita akan masukan, karena dari sisi pemerintah sedang dalam rangka harmonisasi, itu salah satu UU yang wajib kita segera miliki,” ujar Menkeu. Ia menambahkan, pemerintah juga sudah melihat kesiapan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk membahasnya. ”Dan kita sudah menerima respon dari DPR, bahwa DPR akan siap untuk membahas itu,” tambahnya.

Menkeu berharap, RUU JPSK  dapat masuk ke DPR sebelum akhir Oktober 2011. Menurutnya, susunan draft dari RUU tersebut sudah dipersiapkan. “Draftnya sudah ada, sudah selesai,” tukasnya. Saat ini, pihaknya sedang melakukan konsolidasi untuk Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ia menegaskan, LPS nantinya akan meliputi perbankan dan asuransi, dan untuk JPSK akan mengatur sistem keuangannya. (sgd)