Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Berikan Insentif Fiskal Pembangunan Smelter

Jakarta, 23/04/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah berencana memberikan insentif fiskal untuk pembangunan smelter. Insentif diberikan dalam bentuk keringanan bea keluar dan tax allowance.


Wakil Menteri Keuangan II, Bambang P.S. Brodjonegoro menjelaskan, insentif tersebut akan disesuaikan dengan perkembangan pembangunan smelter. Ia menambahkan, kebijakan tersebut nantinya akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK). “Nanti kalau lihat PMK-nya baru tahu detailnya,” jelasnya di Jakarta, Rabu (23/4).


Untuk memantau perkembangan pembangunan smelter, akan dibentuk tim khusus yang terdiri atas gabungan kementerian terkait dan tenaga ahli independen. Tenaga ahli dilibatkan untuk melihat persentase pembangunan smelter terkait pemenuhan ketentuan yang diamanatkan peraturan tersebut. “Melibatkan tenaga luar independen, kalau cuma pemerintah saja kan mungkin tidak punya keahlian, harus libatkan tenaga-tenaga ahli untuk melihat apakah ini sudah persentasenya memenuhi aturan,” tuturnya.


Selain penyesuai bea keluar, lanjut Wamenkeu II, akan ada insentif berupa tax allowance, yang akan dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP). Sementara, terkait uang jaminan pembangunan smelter, akan dituangkan dalam peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. “Mudah-mudahan PP-nya bisa disepakati di rakor (rapat koordinasi) Menko (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) minggu ini atau minggu depan. baru kita proses PPnya,” terangnya.(ans)