Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Berupaya Mengendalikan Inflasi

 

Jakarta, 08/02/2011 MoF (Fiscal) News Pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan inflasi. Demikian disampaikan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro di Gedung DPR RI pada selasa (8/2).

Pemerintah memprediksi inflasi sebesar 6,75 persen, dengan tetap menjaga target APBN 2011 sebesar 5,3 persen. “Pengendalian Inflasi lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi akan menjadi fokus pemerintah pada tahun ini” jelas Bambang. Menurutnya, walaupun pemerintah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, inflasi tetap harus dikendalikan agar tidak terjadi “kejomplangan” distribusi pendapatan. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah untuk mengendalikan tingkat inflasi adalah dengan selalu mengontrol ketersediaan pangan serta menjaga stabilitas harga pangan.

Sejauh ini, pemerintah belum akan merevisi prediksi inflasi 2011 sebesar 5,3 persen. “Masih Februari, belum ada perubahan. Apalagi sekarang sedang musim inflasi di seluruh dunia. Negara seperti India juga mengalami hal yang sama” jelasnya. (as)