Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Gelar Operasi Pasar

Jakarta, 28/05/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah dan perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN) akan melakukan operasi pasar guna menjaga kestabilan harga, sehingga tidak meningkat tajam. Hal ini diharapkan untuk menjaga laju inflasi  menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

"Untuk menjaga persepsi pasar, Kementerian Perdagangan dan beberapa BUMN kita mintakan operasi pasar, bukan setelah harga naik tapi sebelum harga naik," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung di Jakarta, Senin (26/5).

Menurutnya, operasi pasar ini dilakukan untuk menjamin para pedagang tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan, dan juga tidak mengambil keuntungan yang terlalu berlebihan dengan adanya spekulasi, terkait dengan ketersediaan barang-barang kebutuhan pokok.

Kendati demikian, pihaknya tidak memungkiri ada peluang bagi peningkatana inflasi, khususnya pada Bulan Juni-Juli yaitu saat Ramadhan dan Idul Fitri. Apalagi, ini juga berbarengan dengan liburan sekolah dan tahun ajaran baru.

"Segala sesuatunya kita persiapkan, setiap minggu kita akan monitor masalah perkembangan harga-harga komoditas yang ada. Kita akan memastikan ketersediaan stok pangan maupun jaringan distribusi lebih baik dibandingkan tahun lalu," pungkasnya. (ans)