Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Jalankan Keep Buying Strategy Untuk Mempertahankan Daya Beli Masyarakat

Jakarta, 16/08/2013 MoF (Fiscal) News – Pemerintah akan menerapkan kebijakan keep buying strategy guna mempertahankan daya beli masyarakat. Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menjelaskan bahwa sejumlah opsi kebijakan yang tengah dikaji oleh pemerintah saat ini adalah penaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), pengurangan pajak penghasilan karyawan, dan penangguhan pajak perusahaan padat karya.

Opsi kebijakan yang tengah dikaji tersebut merupakan bagian dari keep buying strategy yang disiapkan pemerintah, guna mempertahankan daya beli masyarakat yang tertekan oleh perlambatan ekonomi dan lonjakan inflasi. Keep buying strategy artinya di masa krisis jangan berhenti membeli barang dan jasa. Hal ini perlu dilakukan mengingat di masa krisis, pembelian barang dan jasa biasanya menurun, karena masyarakat akan berusaha mengencangkan ikat pinggangnya. Akan tetapi hal ini tidak boleh terjadi, karena itu pembelian barang dan jasa harus tetap berlangsung.

Dalam wawancara dengan salah satu media nasional pada Kamis (15/8), Menkeu menjelaskan bahwa kebijakan keep buying strategy tersebut pernah dijalankan pemerintah untuk bertahan di tengah krisis keuangan global pada 2008.

Meskipun banyak menyediakan insentif untuk investasi, Menkeu mengatakan bahwa pemerintah tetap akan mempertahankan kesinambungan fiskal dengan menjaga defisit primer, defisit anggaran dan rasio utang pada level yang aman. Menkeu yakin bahwa berkurangnya penerimaan pajak akibat banyaknya insentif tidak akan memperlebar defisit anggaran. (iin)