Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Lakukan Standardisasi Produk Dalam Negeri

Jakarta, 24/02/2016 Kemenkeu – Pembangunan infrastruktur di berbagai daerah yang saat ini tengah didorong pemerintah, berdampak pada kebutuhan akan produk-produk dalam negeri. Oleh karena itu, pemerintah akan mendorong penggunaan produk dalam negeri lebih maksimal terhadap proses pembangunan tersebut. Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, untuk dapat bersaing dengan produk luar negeri, perlu dilakukan standarisasi terhadap produk-produk dalam negeri.


“Kami melihat beberapa Kementerian atau Lembaga (K/L) tiba-tiba produknya atau standardisasi itu hanya bisa dari luar. Sekarang kita akan membuat aturan main bahwa standardisasi bisa untuk produk dalam negeri,” katanya seperti dilansir melalui laman Sekretariat Kabinet pada Rabu (24/02).


Menurutnya, hal tersebut telah dibahas dalam Rapat Terbatas mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di Kantor Presiden, Jakarta. Di beberapa K/L atau BUMN memang masih membutuhkan bagian dari produk luar negeri tersebut. Namun, ia berharap penggunaan produk luar negeri bukan hanya sebagai kamuflase kepentingan pihak-pihak tertentu saja, terkait persoalan-persoalan pengadaan barang/jasa. (as)