Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Petakan Persoalan Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Jakarta, 13/01/2017 Kemenkeu - Pemerintah membentuk tim kecil untuk merumuskan peta persoalan terkait sistem perencanaan dan penganggaran pemerintah. Anggota tim ini adalah para pejabat Eselon I dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

“Kita bikin tim kecil yang tugasnya memetakan sekuens persoalan, agar semua jelas dan bagaimana mengatasinya,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, seperti dikutip melalui laman Kemenko Perekonomian pada Jumat (13/01). Harapannya, tim ini dapat membangun sistem perencanaan dan penganggaran pemerintah yang lebih baik.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kebijakan perencanaan dan penganggaran hendaknya tidak lagi mengikuti money follows functions, melainkan berdasarkan prinsip money follows programs. Ini berarti sistem perencanaan dan penganggaran menjadi penting untuk disinkronkan agar anggaran yang dikeluarkan pemerintah memberi manfaat pada masyarakat. “Sinergi dan sinkronisasi merupakan kata kunci agar pembangunan nasional semakin efisien dan efektif,” jelas Darmin.(as/rsa)