Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Revisi Target Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 12/05/2014 MoF (Fiscal) News – Pemerintah akan merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014, mengingat realisasi pertumbuhan ekonomi pada triwulan I berada di bawah ekspektasi pemerintah.


“Untuk GDP (Gross Domestic Product/Produk Domestik Bruto) apakah akan revisi atau tidak, saya kira secara realistis government harus revisi, karena tidak mungkin bisa mencapai 5,8 persen kalau start-nya 5,2 persen (pertumbuhan triwulan I-2014),”  ujar Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta, Jumat (9/5).


Lebih lanjut ia menjelaskan, jika pemerintah ingin mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5 persen pada tahun ini, maka pertumbuhan ekonomi pada triwulan II harus dapat mencapai 5,7 persen. Sementara, jika pemerintah ingin mencapai pertumbuhan sebesar 5,8 persen, pada triwulan berikutnya pertumbuhan ekonomi harus berada di atas 6 persen.


Menurut Menkeu, hal tersebut akan sulit terwujud. “Jadi pemerintah akan lakukan revisi, berapa angkanya akan kita lihat, karena saya baru pulang. Nanti saya rapatin, tapi tidak mungkin di atas 5,5 persen. Apalagi pertumbuhan ekonomi triwulan I ini di luar ekspektasi kita, karena ekspornya lebih rendah dari yang kita perkirakan,” urainya.


Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) merevisi pertumbuhan ekonomi 2014 menjadi sebesar 5,1 hingga 5,5 persen. Revisi ini, menurut Gubernur BI Agus Martowardojo didasarkan pada realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan I-2014 yang hanya sebesar 5,21 persen.(ans)