Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Tambah Pembiayaan SBN Sebesar Rp40-50 Triliun

Jakarta, 02/03/2012 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan mengupayakanpenambahan pembiayaan dari penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) sampai Rp45 triliun, guna menutup defisityang akan melebar dari 1,53 persen menjadi 2,2 persen plus minus 1 persen.

Maksimum tambahanpembiayaan sebesar Rp40-50 triliun dalam bentukSBN baru yang akan diterbitkan kalau seandainya defisit melebar,” ujar Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo di Jakarta, Jumat (2/3).

Seperti diketahui, pada tahun ini, pemerintahberencana menerbitkan SBN baik di pasardomestik maupun pasar global untuk membiayai defisit APBN, rencana penerbitan SBN (gross) selama 2012 ditargetkan mencapai (bruto) Rp254 triliun dan (netto)sebesar Rp134 triliun. Namun, Menkeu memandangtambahan penerbitan SBN ini akandiusahakan dalam denominasi Rupiah.

Itu (denominasi)belum diputuskan. Kita akanmengarah ke Rupiah dan kita jagabahwa ini satu jumlah yang sustainable. Kita tahu ada pinjaman yang jatuh waktu dan diperpanjangmaupun jumlah netto yang harus ditambah, kalaupun meningkat tidak lebih dari itu,”pungkasnya. (ANS)