Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Akan Tambah PMN ke PT SMI

Jakarta, 17/03/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah berencana melakukan penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). "Kita berharap bisa mendapatkan tambahan permodalan Rp4 triliun," ujar Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini di Bandung pada Minggu (16/3).

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pembiayaan terhadap sejumlah proyek infrastuktur yang ditangani PT SMI. Emma berharap, PMN dapat dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahun 2015 dan 2017, masing-masing sebesar Rp2 triliun. "Tambahan PMN tinggal menunggu persetujuan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat)," katanya.

Emma menjelaskan, sejak didirikan pada tahun 2009 lalu, saat ini PT SMI memiliki aset senilai Rp7 triliun dengan total ekuitas sebesar Rp4,5 triliun. Sebagai perusahaan pembiayaan infrastruktur, komitmen pembiayaan yang dilakukan perseroan telah mencapai Rp4,5 triliun, yang digunakan untuk membiayai proyek senilai Rp39 triliun dan menciptakan multiplier effect sebesar 8,7 kali.

Di sisi lain, ia menambahkan, PT SMI tengah menyiapkan penerbitan obligasi senilai Rp1 triliun untuk mendukung rencana pembiayaan yang akan dilakukan ke depannya. Menurut rencana, obligasi ini akan diterbitkan dengan tenor 3-5 tahun. "Untuk obligasi, kita akan terbitkan akhir semester I-2014, kita sekarang tinggal menunggu izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEJ (Bursa Efek Indonesia/BEI)," imbuhnya.(ans)