Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan dalam acara silaturahmi dan buka bersama di Pondok Modern Darussalam Gontor di Ponorogo, Jawa Timur (25/05).

Pemerintah Alokasikan Dana Pendidikan Lebih Dari Rp60 Triliun untuk Madrasah dan Pesantren

Ponorogo, 28/05/2018 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bantuan Pemerintah untuk pesantren melalui Kementerian Agama sebesar lebih dari Rp60 triliun dari total Rp444 triliun alokasi dana pendidikan pada APBN tahun 2018. 

Hal ini disampaikan Menkeu di depan pimpinan dan santri Pondok Modern Darussalam Gontor di Ponorogo, Jawa Timur, pada Jumat (25/05).

“Kementerian Agama itu lebih dari Rp60 triliun adalah untuk seluruh madrasah di Indonesia dan pesantren,” jelas Menkeu.

Lebih lanjut, Menkeu menjelaskan Pemerintah sangat memperhatikan pengembangan pendidikan baik yang berbasis umum maupun agama terutama melalui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Anggaran pendidikan untuk berbagai sekolah di Indonesia baik sekolah biasa maupun sekolah yang berbasis agama diberikan, baik melalui Kementerian Dikbud, Menristek Dikti, Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah. Karena sekarang itu anggaran banyak di Pemerintah Daerah-kan APBD itu untuk SD, SMP, SMA. Ini kalau lihat Rp444 triliun yang dipegang Pemerintah Pusat 149 triliun yang diberikan melalui Pemerintah Daerah Rp279 triliun," jelas Menkeu.    
 
Untuk menjaga kelanjutan pendidikan, Pemerintah juga telah mendirikan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mengelola dana abadi pendidikan. 
         
“Dan kita juga mendirikan apa yang disebut LPDP. Itu adalah suatu lembaga untuk pembiayaan dibidang pendidikan. Bahasa Inggris kerennya adalah Sovereign Wealth Fund for Education. Kita itu ingin rakyat Indonesia punya suatu dana abadi untuk pendidikan,” jelasnya. 

Saat ini, dana LPDP sudah mencapai lebih dari Rp35 triliun. Dana tersebut dipakai untuk pemberian beasiswa bagi siswa Indonesia terbaik untuk melanjutkan pendidikan di sekolah terbaik di dunia dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Menkeu juga mengapresiasi bahwa beberapa santri dari Pondok Pesantren Modern Gontor telah menikmati beasiswa LPDP tersebut. Lebih lanjut, Menkeu berharap akan semakin banyak santri yang bisa mendapat beasiswa tersebut.

“Saya senang disini bahwa ada dari Gontor yang sudah mendapatkan beasiswa LPDP baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dan saya ingin makin banyak santri yang bisa mendapatkan beasiswa tersebut,” harap Menkeu yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin. (btr/ind/nr)