Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Berencana Ajukan Tambahan Kuota BBM Bersubsidi di APBN-P 2013

Jakarta, 24/4/2013 MoF News – Pemerintah tahun ini berencana mengajukan tambahan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi 2013. Demikian diungkapkan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo, Rabu (24/4). Susilo mengungkapkan, dalam waktu dekat jumlah usulan kuota baru tersebut akan diajukan Pemerintah kepada Dewan Perwakilan Rakyat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013.

 
Ia menjelaskan, bahwa kuota BBM subsidi dalam APBN 2013 sebesar 46 juta KL tidak mungkin mencukupi. Terkait  berapa besaran kuota tambahan baru yang akan diajukan tersebut, menurut Susilo, saat ini tengah dihitung secara intensif. “Yang bisa nambahkan hanya DPR. Tapi kemungkinan (usulan kuota baru ini) sih akan besar,” katanya. Menurut Susilo, penghitungan dilakukan dengan berbagai pertimbangan.
 
Susilo mencontohkan, penghitungan perlu  melihat aspek pertumbuhan ekonomi hingga perkembangan industri kendaraan di Indonesia. Susilo menegaskan, konsumsi BBM subsidi sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah, dikatakan Susilo, sebelumnya telah mengajukan kuota BBM untuk tahun ini sebesar 48 juta KL. “Tapi, kan hanya menyetujui 46 juta KL jadi wajar kalau ternyata tidak bisa mencukupi,” jelasnya. (ak)