Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Berikan Dukungan pada Proyek SPAM Umbulan

Jakarta, 11/12/2015 Kemenkeu - Pemerintah secara resmi menyerahkan surat persetujuan dukungan atas proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Jawa Timur (Jatim). Dukungan berbentuk Viability Gap Fund (VGF) ini diserahkan kepada Gubernur Jatim Soekarwo saat acara Investor Gathering pada Senin (07/12). VGF atau Dana Dukungan Tunai Infrastruktur menjadi bukti dukungan pemerintah terhadap proyek Public-Private Partnership (PPP)/Kerjasama Pemerintah-Swasta (KPS).


“VGF itu support pemerintah pusat, kepada proyek tertentu, sehingga swasta yang masuk kesana (ke proyek) tidak perlu takut sama risikonya,” jelas Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat acara yang berlangsung di Aula Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta. Menkeu mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jatim yang bersedia menjadi Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK), karena sebuah proyek KPS membutuhkan kerja sama dengan sektor publik untuk meminimalisir risiko swasta.


“Karena inti KPS bukan dilihat berapa besar proyeknya tapi apakah ada yang mau jadi PJPK? Ini yang selama ini menjadi penghambat proses KPS,” tambah Menkeu. Proyek SPAM Umbulan ini sudah mulai direncakan sejak tahun 1975, namun karena keterbatasan anggaran pemerintah, proyek tersebut baru dapat dilakukan dengan skema KPS. “Alhamdulillah, 40 tahun kemudian proyek ini bisa diwujudkan,” ungkapnya. (as)