Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Berikan Keringanan Pajak Penghasilan Bagi WP Industri Tertentu

Jakarta, 06/09/2013 MoF (Fiscal) News - Untuk meringankan beban Wajib Pajak (WP), pemerintah akan memberikan pengurangan dan/atau penundaan Pajak Penghasilan (PPh) bagi WP Badan di bidang industri tertentu. Keringanan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 124/PMK.011/2013 tentang Pengurangan Besarnya Pajak Penghasilan Pasal 25 dan Penundaan  Pembayaran Pajak Penghasilan Pasal 29 Tahun 2013 Bagi Wajib Pajak Industri Tertentu.

WP yang akan memperoleh keringanan ini antara adalah WP Badan yang melakukan kegiatan industri tekstil, pakaian jadi, alas kaki, furnitur, dan/atau mainan anak-anak. WP dapat memperoleh keringanan berupa pengurangan PPh pasal 25 sebesar 25 persen hingga 50 persen untuk masa pajak September 2013 sampai dengan Desember 2013, dan/atau penundaan pembayaran PPh Pasal 29 untuk tahun pajak 2013.

Pemberian keringanan ini dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi makro dan mendorong pertumbuhan ekonomi pada tingkat yang realistis, terkait dengan terjadinya gejolak pada pasar keuangan dan nilai tukar rupiah. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri nasional, baik yang berorientasi domestik maupun ekspor, serta untuk mendukung program pemerintah dalam upaya penciptaan dan penyerapan lapangan kerja.(wa)