Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

Jakarta, 02/04/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah menggarisbawahi pentingnya peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia. Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengingatkan, saat ini Indonesia tidak boleh hanya menggantungkan perekonomian pada sumber daya alam dan tenaga kerja murah.


“Saya rasa negara seperti Indonesia tidak bisa terus menerus menghasilkan natural resources atau buruh murah. Sejalan dengan harga komoditas, harga energi  yang menurun, kita harus bergerak,” ungkap Menkeu dalam acata The Asean Economic Congress pada Rabu (2/4) di Jakarta.


Seperti diketahui, di antara tiga negara yang termasuk dalam middle income country yaitu Brazil, Afrika Selatan dan Korea Selatan, hanya Korea Selatan yang berhasil menjadi negara ekonomi industri. “Karena mereka (Korea Selatan) fokus pada inovasi dan teknologi. Untuk itu, Asia harus bergerak ke arah knowledge-based economy,” jelas Menkeu.


Untuk mendukung upaya tersebut, pemerintah akan merumuskan kebijakan yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia. “Kemenkeu sedang menyiapkan menyediakan tax incentive untuk orang yang mau membuat pelatihan, karena itu akan memberikan dasar untuk kualitas human resources yang lebih baik,” jelas Menkeu.(wa)