Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Berupaya Efisienkan Belanja

Jakarta, 01/11/2011 MoF (Fiscal) News – Presiden telah memberikan instruksi tentang efisiensi dan efektivitas anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012. Selain itu, Presiden juga mengatakan perlunya review terhadap usulan pembangunan gedung perkantoran Kementerian/Lembaga (K/L). Untuk itu, Kementerian Keuangan akan melaksanakan apa yang diinstruksikan presiden tersebut. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Anggaran Herry Purnomo saat ditemui di Gedung Djuanda I Kemenkeu, Jakarta pada Senin (31/10) petang.

Herry mengatakan, untuk melakukan efisiensi anggaran, pemerintah akan melakukan efisiensi belanja dan perjalanan dinas K/L. Diakui saat ini, perjalanan dinas K/L dinilai masih relatif tinggi. "Untuk perjalanan dinas yang bersifat pengawasan seperti Inspektorat Jenderal, BPK, dan BPKP memang masih lebih besar," kata Herry.

Dalam APBN 2012, semua kementerian dilarang memberikan ucapan selamat, karangan bunga, perayaan ulang tahun kementerian, dan membuat iklan-iklan ucapan ulang tahun dengan menggunakan dana APBN.

Lebih lanjut, Herry menyampaikan bahwa Kemenkeu akan melakukan review terhadap pembangunan gedung-gedung kantor baru, pembelian kendaraan bermotor operasional, serta pelaksanaan seminar di pemerintahan. "Ini sesuai dengan arahan Instruksi Presiden tentang efisiensi dan melakukan review usulan pembangunan gedung kantor. BPKP, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Menteri PU akan menilai layak atau tidak kementerian atau lembaga membangun kantor baru," pungkasnya. (sgd)