Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Berupaya Keluar dari Situasi Negara Berpendapatan Menengah

Jakarta, 09/12/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan lebih serius berupaya agar tidak terjebak dalam situasi negara berpendapatan menengah (middle income trap), dan bisa berkembang menjadi negara maju. Indonesia akan meniru Cina untuk meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat agar dapat keluar dari kelas menengah menuju kelas atas.

“Keluar dari middle income trap tidak gampang, banyak negara yang tidak sukses. Jadi kita daripada berandai-andai, lebih baik kita pikirkan bisa atau tidak (keluar dari kelas menengah), karena strateginya tidak mudah. Banyak yang mencoba tapi juga banyak yang gagal, maka kita harus serius,” ujar Wakil Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (6/12).

Menurutnya, dari empat negara yang masuk dalam emerging market yaitu Cina, India, Brazil, dan Indonesia, maka yang potensinya bisa cepat naik kelas adalah Cina. Pasalnya, negara tirai bambu ini mampu meningkatkan pendapatan per kapita dengan tajam, sedangkan India dinilai paling sulit untuk naik kelas.

“Kalau saya rangking yang pertama itu Cina. Kalau Indonesia dan Brazil itu hampir sama, kemudian baru India. Artinya Cina paling cepat dan kita masih punya harapan melihat apa yang Cina lakukan dalam skala yang sebanding,” jelasnya.

Untuk Indonesia, menurutnya, dapat mencontoh strategi Korea Selatan jika ingin keluar dari situasi ini. Pasalnya, negara tersebut paling cepat dalam konteks keluar dari middle income trap. (ans)