Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah dan BI Terus Berkoordinasi Kendalikan Inflasi

Jakarta, 26/07/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) akan terus berkoordinasi secara intensif untuk mengendalikan laju inflasi. Demikian disampaikan Gubernur BI Agus Martowardojo saat menghadiri rapat koordinasi yang membahas mengenai assessment perkembangan ekonomi terkini, risiko makro ekonomi, dan outlook pada Kamis (25/7).

Pihaknya juga mengapresiasi respons pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam menstabilkan harga pangan serta menjaga ketersediaan dan distribusinya, sehingga dapat kembali meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan demikian, pada gilirannya laju inflasi tetap dapat dikendalikan. 

Jika upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik, Gubernur BI optimistis target laju inflasi dapat tercapai. "Nanti Bulan Agustus inflasi itu bisa lebih rendah dan di Bulan September sudah kembali normal. Maka inflasi 2,7 persen ini bisa lebih rendah kalau koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik," jelasnya. 

Menurutnya, saat ini inflasi merupakan isu ekonomi yang perlu mendapat perhatian yang besar, karena akan meberikan dampak terhadap nilai tukar rupiah. "Kalau seandainya yang dilakukan seperti sekarang terus dilakukan, kita optimis bahwa inflasi akan ke arah yang lebih baik, 7,2 persen. Seperti kita ketahui pemerintah telah mencanangkan inflasi itu di kisaran 7,2 persen (YoY). Saya melihat bahwa dalam survei BI inflasi bulan Juli MoM (month-on-month) mencapai di 2,7 persen," jelasnya.(ak)