Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah dan DPR Sepakat Berikan Hibah Rp20 Miliarke Palestina



Jakarta, 11/07/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah dan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat memberikan hibah sebesar Rp20miliar kepada Palestina. Kesepakatan tersebut berlangsung saat Rapat Kerja (Raker) Pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Ratna Rosita dengan DPR di Gedung DPR Senayan, Jakarta pada Senin (11/07).

Menkeu mengatakan, pemberian dana hibah tersebut perlu mendapat persetujuan DPR. "Karena belum ada aturan teknis tentang pemberian hibah ke luar negeri. Maka, dengan mengikuti aturan yang ada, Pemerintah perlu memperoleh izin DPR," kata Menkeu.

Menkeu menambahkan, hibah tersebut akan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011. Dana hibah tersebut akan dikelola oleh trust fund Bank Pembangunan Islam (Islamic Development Bank/IDB), di mana IDB juga akan menambahkan dana sebesar USD8juta.

Ratna menjelaskan, dana tersebut akan digunakan untuk membangun cardiac center di Rumah Sakit Asy-Syfaa di Gaza, Palestina. "Pihak kami sudah menandatangani MoU dengan IDB, dan IDB bersedia mengelola dana hibah tersebut. Setelah MoU tersebut, kita sudah mempersiapkan operasionalnya, termasuk melatih tenaga kesehata  nnya di Rumah Sakit Harapan Kita" tutur Ratna. (sgd)