Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah dan DPR Sepakati BLSM Untuk Empat Bulan

Jakarta, 17/06/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat  waktu penyaluran kompensasi penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi berupa Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) akan diberikan selama empat bulan.  

Terkait hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri berharap DPR tidak lagi memangkas waktu penyaluran BLSM yang telah disepakati selama empat bulan. Pemerintah dan Banggar juga menyetujui alokasi anggaran BLSM sebesar Rp9,3 triliun. "Pemotongan masa penyaluran jadi empat bulan masih masuk dalam range kami, tapi kalau dikurangi lagi repot, karena inflasi akibat kenaikan harga BBM akan berdampak sekitar empat bulan," ungkap Menkeu.  

Sebelumnya, Ketua Banggar DPR Ahmadi Noor Supit memaparkan, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013, pemerintah mengusulkan masa penyaluran BLSM untuk 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran sebesar Rp150 ribu per bulan selama lima bulan, kemudian disepakati menjadi empat bulan. Dengan tercapainya kesepakatan antara pemerintah dan  Banggar tersebut, maka kebijakan anggaran untuk BLSM sebagai kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi saat ini dapat dibawa ke rapat paripurna DPR pada Senin (17/6), untuk kemudian diambil keputusannya.(ak)