Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah dan PLN Tandatangani Kesepakatan Bersama Terkait Subsidi Listrik

Jakarta, 25/03/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojomenandatangani kesepakatan bersama / Service Level Agreement dengan  PT PLN (Persero),disaksikan oleh Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, Jakarta pada Jumat (22/3).
 
Menurut Menkeu, penerapan SLA antara Pemerintah dan PLN merupakan pola baru daripemerintah terhadap penugasan yang diberikan kepada suatu BUMN. “Adanya penugasanpemerintah kepada BUMN untuk melakukan pelayanan publik bukan berarti melepaskan tanggungjawab pemerintah. 
 
Pada prinsipnya, tanggung jawab pelayanan publik tetap melekat sebagaitanggung jawab pemerintah yang diwakili oleh Kementerian dan Lembaga,” jelasnya. Kedepannya, PLN diharapkan dapat mandiri dan mampu bersaing di tingkat global.
 
Sementara itu di kesempatan yang sama, Wapres Boediono juga menyampaikan harapannyaagar penandatanganan SLA ini dapat menjadi wadah komunikasi, sekaligus monitong untukmelihat hal-hal yang sudah dan belum dipenuhi. 
“Selanjutnya agar terus diperdalam, SLA inimemiliki implikasi yang tertulis maupun tidak tertulis.
 
Selamat melaksanakan SLA yang pertamaantara pemerintah dan BUMN,” pungkasnya.
 
Sebagai informasi, selain Kementerian Keuangan, ada 10 K/L yang juga melakukanpenandatanganan ini, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Energidan Sumber Daya Mineral, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Kehutanan,Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Dalam Negeri, BadanPertanahan Nasional, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi,serta Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi. (ik)