Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Dorong Financial Deepening

Jakarta, 25/02/2016 Kemenkeu - Pemerintah pusat tengah mendorong agar terjadi financial deepening di sektor keuangan. Namun, untuk melakukannya pemerintah juga berharap pada masyarakat dapat terjadi perubahan mental untuk lebih berani berinvestasi. Pemerintah pusat mendorong agar masyarakat tidak hanya menjadi penabung yang berorientasi pada tingkat bunga yang tinggi.


Financial deepening kita dangkal. Karena salah satu penyebabnya adalah tingkat bunga tinggi. Karena kita asumsikan mayoritas penduduk kita bukan risk taker,” kata Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat memberikan keynote speech pada Property & Mortgage Summit 2016 di Jakarta, pekan lalu. Pemerintah pusat ingin menginisiasi supaya masyarakat tidak hanya berorientsi pada tingkat bunga tinggi. Menkeu berharap masyarakat Indonesia dapat mulai mengubah orientasi menabung menjadi investasi.


“Kalau kita ingin cari return besar, invest jangan simpen di bank. Bisa di apakah itu instrumen keuangan atau sektor riil. Itu mentality yang ingin kita dorong,” tambah Menkeu. Selama ini menurutnya, ada salah kaprah di kalangan masyarakat, tak terkecuali di pemerintahan hingga korporasi. “Kita mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan BUMN. Yang penting tingkat bunga wajar. Tidak jauh dari tingkat bunga BI. Itu ide besarannya,” kata Menkeu. Menurutnya ini juga dapat menjadi pendidikan yang bagus bagi masyarakat Indonesia. “Sehingg ketika kita simpan uang motifnya bukan cari return,” papar Bambang. (as)