Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Dorong Konsumsi Untuk Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 19/07/2013 MoF (Fiscal) News – Pemerintah berkomitmen untuk menjaga pertumbuhan ekonomi pada kisaran enam persen. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menuturkan, hal tersebut akan dilakukan dengan menjaga konsumsi masyarakat.

“Ditetapkan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi enam persen. Upayanya dengan menjaga konsumsi masyarakat dengan mencukupi supply dan menjaga daya beli (masyarakat),” jelas Menko Perekonomian dalam rapat koordinasi Pemerintah dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) tentang pembahasan mengenai fiskal, pajak, infrastruktur dan tenaga kerja, Jumat (19/7).

Ia menambahkan bahwa upaya lain untuk mewujudkan pertumbuhan di atas enam  persen antara lain dilakukan dengan mempercepat investasi. Pemerintah juga memprioritaskan percepatan pembangunan infrastruktur agar iklim investasi membaik, sehingga investor dengan mudah dapat masuk ke Indonesia. “Kita mengajak Asosiasi Pengusaha Indonesia untuk mendukung komitmen pemerintah,” ujarnya. 

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional akan mengalami koreksi dari 6,2 persen hingga 6,6 persen ke kisaran 5,8 persen hingga 6,2 persen pada akhir tahun 2013. Gubernur BI menjelaskan bahwa koreksi tersebut dipicu oleh pelemahan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua dan ketiga 2013.(nic)