Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Dorong Penurunan Suku Bunga Perbankan

Jakarta, 19/02/2016 Kemenkeu - Untuk menggerakkan roda perekonomian dan mendorong pertumbuhan investasi di Indonesia, pemerintah bersama-sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan berupaya menurunkan tingkat suku bunga perbankan di Indonesia.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menguraikan, tingginya tingkat suku bunga perbankan saat ini menjadi salah satu kendala dalam berinvestasi di Indonesia. Ia meyakini, penurunan tingkat suku bunga akan membantu menggerakkan perekonomian, baik dari sisi konsumsi maupun investasi.

“Kita harapkan dengan tingkat bunga yang lebih rendah, ekonomi bergerak; baik konsumsi, investasi, semuanya. Kita itu yang paling penting bukan tingkat labanya bank atau tingkat bunga, yang paling penting adalah ekonominya tumbuh,” jelasnya usai acara pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan pada Kamis (18/2) di Jakarta.

Lebih lanjut Menkeu mengungkapkan, untuk menurunkan tingkat suku bunga perbankan tersebut, pemerintah akan menginisiasi penerapan batas atas tingkat suku bunga untuk simpanan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah, termasuk Badan Layanan Umum. Batas atas tingkat suku bunga tersebut, lanjutnya, dipastikan akan lebih rendah dari tingkat suku bunga pasar.

“Dari kami di pemerintah menginisiasi bahwa nanti simpanan pemerintah, terutama deposito di perbankan itu akan ada batas atas tingkat bunganya, yang tentunya jauh di bawah tingkat bunga market yang berlaku selama ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah juga telah merencanakan revisi atas Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan peraturan turunan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Dengan revisi PP tersebut, pemerintah sebagai salah satu nasabah besar di perbankan dapat membantu menurunkan suku bunga secara nasional. “Nantinya harapannya tentunya diikuti oleh sektor swasta dan nantinya OJK juga mendukung dengan aturannya,” pungkasnya.(nv)