Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Fokus Kembangkan Sektor Industri

Jakarta, 08/01/2016 Kemenkeu - Dalam situasi ekonomi yang kurang kondusif, pemerintah terus mencari cara untuk mendorong keadaan ini ke arah perbaikan. Kurang maksimalnya perkembangan sektor industri menjadi salah satu penghambat dorongan ini. Salah satu langkah yang diambil pemerintah untuk menghidupkan kembali kondisi ini adalah dengan menarik para investor untuk masuk ke bidang infrastruktur, petrokimia dan industri tertentu dalam jangka panjang.


“Misalnya investasi di pembangkit tenaga listrik. Pemerintah juga menyiapkan bagaimana investor bisa masuk ke petrokimia dengan membangun kilang minyak,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, seperti dilansir melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Jumat (08/01). Sektor industri menjadi salah satu fokus utama pemerintah untuk transformasi struktural yang lebih baik.


“Suatu negara yang berkembang, hanya bisa mencapai transformasi struktural yang berkesinambungan jika sektor industrinya berkembang dengan baik,” tambahnya. Selain itu, pemerintah juga berusaha mendorong ekonomi dengan deregulasi dan debirokratisasi, yang telah tertuang dalam paket kebijakan ekonomi.


Dari Paket kebijakan ekonomi I hingga VIII, berbagai macam kebijakan telah dihadirkan oleh pemerintah sebagai upaya dukungan untuk perusahaan besar berinvestasi hingga kemudahan bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk mendapatkan Hak Guna Bangunan (HGB). Darmin juga menegaskan bahwa pemerintah selalu berkoordinasi dengan Bank Indonesia dan OJK dalam mengombinasikan sejumlah langkah untuk mengatasi ketimpangan. (as)