Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Fokus Uji Coba Pembiayaan Ultra Mikro

Jakarta, 24/02/2017 Kemenkeu – Pemerintah saat ini tengah fokus dalam uji coba penerapan Pembiayaan Program Ultra Mikro yang ditujukan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Kamis (23/02).


“Kita memang fokus uji coba menerapkan dan mengimplementasikan pembiayaan Ultra Mikro yang ditujukan kepada warga, diprioritaskan masyarakat kecil dan menengah,” kata Menkominfo Rudiantara yang menyaksikan penandatanganan melalui teleconference dari Jayapura, Papua.


Dikutip dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan Program Ultra Mikro tersebut merupakan bagian dari program pemerintah di tahun 2017 yang ditujukan untuk pembiayaan usaha masyarakat. “Tahun 2017 ada anggaran 1,7 triliun rupiah yang diperuntukkan bagi program Ultra Mikro,” jelas Menkeu.


Menkeu menjelaskan bahwa pembiayaan tersebut diharapkan bukan hanya menjadi modal usaha, tapi juga menjadi modal dalam pembentukan karakter ekonomi di masyarakat. “Diharapkan uang ini bukan yang langsung hilang, tapi bisa jadi modal, bukan hanya kegiatan usaha tapi juga pembentukan karakter. Kita berharap dampaknya jauh lebih besar,” tegas Menkeu. (nr/rsa)