Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Godok RPP Pemberian Gaji Ke-13 dan Gaji Ke-14

Jakarta, 17/05/2016 Kemenkeu - Pemerintah berencana memberikan gaji ke-13 dan gaji ke-14 kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan pada tahun 2016. Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tengah melakukan harmonisasi atas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pemberian Gaji ke-13 dan gaji ke-14 Tahun Anggaran 2016.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Hidayah Azmi Nasution menyatakan, setelah dilakukan harmonisasi, RPP tersebut akan dikembalikan lagi ke Kementerian PAN-RB kemudian diajukan ke Presiden.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, besaran gaji ke-13 akan meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan dan tunjangan lain. Sementara, besaran gaji ke-14 meliputi satu kali gaji pokok.

Namun demikian, pihaknya belum dapat memastikan kapan tepatnya gaji ke-13 dan gaji ke-14 akan dibayarkan. “Namun untuk kepastian diberikan sebelum atau sesudah lebaran belum ada,” jelasnya di Jakarta, Jumat (13/5) sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan memberikan gaji ke-13 dan gaji ke-14 kepada seluruh ASN. Ia menambahkan, tidak ada perbedaan dalam mekanisme pencairan gaji ke-13 dan gaji ke-14 ini.(nv)