Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Jaga Inflasi Juli Tidak Jauh dari 1 Persen

Jakarta, 17/07/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan menjaga laju inflasi pada bulan Juli ini tidak jauh dari 1 persen, meskipun dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi cukup besar yang diperkirakan mencapai 0,7 persen. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (17/7).

Menurutnya, dampak kenaikan harga BBM bersubsidi pada Juni lalu sudah berkontribusi sebesar 0,3 persen terhadap inflasi, dan diperkirakan Juli ini dampak terhadap inflasi akan mencapai 0,7 persen. Untuk menjaga inflasi tidak melebar jauh dari 1 persen pada bulan Juli ini, maka pemerintah akan menjaga dari harga pangan yang bergejolak untuk bertahan di level yang stabil.

“Jangan sampai melompat terlalu jauh (inflasi), itulah sebabnya tidak boleh terlalu lama harga daging sapi tinggi dan komoditas pangan lainnya. Jadi memang harus kita penuhi pasokannya di dalam negeri,” jelasnya.

Kendati demikian, beberapa produk pangan di minggu ketiga sudah mengalami penurunan dibandingkan dengan minggu sebelumnya meskipun ada beberapa harga yang masih cukup tinggi. “Kita akan tambah impor sapi siap potong akhir bulan ini untuk memenuhi suplai karena demand-nya yang meningkat,” pungkasnya. (ans)