Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Jamin Kerahasiaan Data Peserta Tax Amnesty

Jakarta, 26/04/2016 Kemenkeu - Untuk menyukseskan pelaksanaan pengampunan pajak (tax amnesty), Pemerintah mempertimbangkan aspek kepastian hukum bagi calon peserta amnesty. Salah satu hal yang akan menjadi perhatian Pemerintah adalah terkait kerahasiaan data peserta amnesty.

Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjoengoro, kerahasiaan data peserta maupun calon peserta amnesty ini merupakan faktor penting yang akan menentukan keberhasilan tax amnesty. “Artinya, kerahasian data itu nomor satu. Kemudian data yang disampaikan nanti tidak bisa dijadikan bukti permulaan maupun dalam tahap penyelidikan dan penyidikan,” kata Menkeu usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/4). Ia menambahkan, jika peserta amnesty terlibat kasus pidana, maka proses hukum tetap dilanjutkan, tetapi tidak dapat menggunakan data dari tax amnesty.

Menkeu menegaskan, siapapun yang membocorkan data peserta tax amnesty akan diancam dengan pidana. “Jadi ini hal-hal penting perlu kesepakatan semua pihak agar tax amnesty, kalau nanti undang-undangnya selesai, bisa berjalan dengan sukses,” katanya.(nv)