Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Kejar Target APBN-P 2013

Jakarta, 09/07/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan terus mencermati dan mengatisipasi kondisi perekonomian global serta mengoptimalkan penyerapan anggaran Kementerian dan Lembaga (K/L). Menurut Menteri Keuangan M. Chatib Basri, hal tersebut dilakukan dalam rangka upaya pemerintah agar target yang telah tercantum dalam APBN-P 2013 dapat tercapai. Menkeu bahkan optimistis bahwa dengan kerja keras target APBN-P 2013 dapat terpenuhi, meski perkembangan ekonomi gobal masih menunjukkan kecenderungan perlambatan.

Pernyataan Menkeu tersebut disampaikan saat rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI mengenai realisasi anggaran pemerintah semester I-2013. "Pemerintah akan melakukan upaya keras untuk mencapai target di APBN-P 2013, misal pengoptimalan penyerapan anggaran Kementerian dan Lembaga. Selain itu, pemerintah juga akan mengantisipasi perkembangan ekonomi global," tegasnya, Senin (8/7).

Pemerintah juga akan meningkatkan penerimaan pajak dengan ekstensifikasi wajib pajak. Menurut Menkeu, dengan kondisi perekonomian global seperti saat ini, maka harga komoditas tentu akan melambat dan memberi dampak terhadap penerimaan perpajakan. “Harga komoditi yang melambat akan berpengaruh kepada penerimaan pajak kita,” ucapnya. (ak)