Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah-Komisi XI DPR Sepakati Asumsi Makro RAPBN 2017

Jakarta, 08/09/2016 Kemenkeu - Dalam rapat kerja dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (08/09) kemarin, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat menyepakati beberapa asumsi dasar ekonomi makro Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017. Asumsi pertumbuhan ekonomi, misalnya, disepakati berada di kisaran 5,1 persen.

Selain itu, asumsi inflasi disepakati di kisaran 4 persen; asumsi nilai tukar rupiah sebesar Rp13.300 per dolar Amerika Serikat; asumsi rata-rata suku bunga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) tiga bulan di kisaran 5,3 persen.

Sementara itu, tingkat pengangguran disepakati berada di kisaran 5,6 persen dan tingkat kemiskinan disepakati di kisaran 10,5 persen; Gini ratio disepakati di kisaran 0,39; dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) disepakati sebesar 70,1.

Pada kesempatan tersebut, Menkeu juga menegaskan keseriusan pemerintah terkait pencapaian target pendapatan yang berasal dari perpajakan. “Pemerintah akan tetap mengupayakan semaksimal mungkin penerimaan dari perpajakan," tegasnya.

Sebagai informasi, Rapat Kerja Pengambilan Keputusan Asumsi Makro RAPBN 2017 tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo serta perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas dan perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS).(hi)