Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Komit pada IFRS

 


Jakarta, 14/11/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah menegaskan kembali komitmennya untuk melaksanakan Konvergensi Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), ke International  Standards on Auditing /International Financial Reporting Standards (ISA/IFRS). Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Ngalim Sawega disela-sela lokakarya yang berlangsung di Bank Dunia kantor Jakarta, Senin (14/11).

"Kita harus tegaskan komitmen kami untuk menyelesaikan konvergensi dan isu-isu adopsi," katanya. Bapepam LK akan melakukan upaya terbaik untuk mendukung pemenuhan komitmen tersebut. "Bapepam LK sangat mendukung proses adopsi IFRS ke dalam PSAK dan Bapepam LK juga secara terus menerus melakukan koordinasi dan sosialisasi IFRS kepada seluruh pemangku kepentingan," jelasnya.

Pemerintah lanjutnya, juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Dunia yang telah menyelesaikan Reports on Observance of Standards and Codes - Accounting and Auditing (ROSC) 2010 di Indonesia. Salah satu poin penting dalam laporan tersebut adalah  sebagai pengingat bahwa proses konvergensi tidak akan berakhir setelah dikeluarkannya semua standar. "Lebih penting dari itu adalah implementasi dari standar," katanya.

Dalam laporan Bank Dunia tersebut juga dikatakan perlu dan pentingnya berbagai bentuk dukungan dan kerjasama, baik dari kalangan pasar modal, perusahaan, akuntan publik, regulator dan para investor. "Juga penting untuk mendapat dukungan dari akademisi untuk memasukkan IFRS dan ISA  kedalam kurikulum akademik di berbagai universitas," imbuhnya. (ak)