Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Kompak Lakukan Pembatasan Subsidi BBM 1 April 2012

Jakarta,14/02/2012 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo mengatakan bahwa pemerintah kompak untuk melakukanpembatasan subsidi Bahan Bakar Minyak(BBM) pada 1 April 2012. Demikian disampaikanMenkeu saat menggelar Konferensi Pers di Aula GedungDjuanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Selasa (14/2).

Pemerintah akan tetap berpegangpada Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012,yang menyebutkan bahwa pembatasan BBM bersubsidi akan berlaku 1 April 2012 di Pulau Jawadan Bali. "Di pemerintahan kompak. Kami menyampaikan terkait UU APBN 2012yang kita pegang pada 1 April 2012, akan ada pembatasan BBM bersubsidi yang akan berlaku di Jawadan Bali," jelas Menkeu.

Menurut Menkeu, saat inikementerian yang terkait dalam program pembatasan BBM bersubsidi sedang menunggu keputusan Presiden. Sementara mengenai kabarkenaikan harga BBM, Menkeu menegaskan hal tersebut adalahwacana. "Jika ada kementerian lain yang mengatakan ada diskusi dengan DPR soal menaikkan BBM, itu masih sebuahwacana," ujarnya.

Menkeu menyampaikan,pembatasan BBM bersubsidi harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, mengingat harga minyak dunia yang semakin tinggi. Harga minyak mentah kembalinaik akibat ketegangan di kawasanTimur Tengah,” tukas Menkeu. Dari data Kementerian Keuangan, rata-rata harga minyak duniapada Januari 2012 mengalami peningkatan dibanding rata-rata Desember2011. (sgd)