Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Maksimalkan Upaya Capai Target Pertumbuhan 6,3 Persen

Jakarta, 24/07/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menegaskan, pemerintah akan terus berupaya untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 sebesar 6,3.

Meski demikian, pemerintah juga tetap relistis melihat perkembangan situasi global yang mengalami perlambatan. "Tapi kita tidak boleh menyerah, kita akan upayakan dan tetap akan kita kejar 6,3 persen," tegasnya.

Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi Indonesia saat perkembangan ekonomi global melambat seperti saat ini. "Tetapi bukan berarti extra effort tidak bisa dilakukan, dari segi disbursement spending kita coba percepat lakukan, sehingga sedikit banyak bisa membantu. Tapi untuk membantu pertumbuhan ekonomi yang utama harus berasal dari private consumptions dan investment," kata Menkeu. 

Menurutnya,  Indonesia sebagai bagian dari perekonomian global, tentu tidak dapat lepas dari perkembangan ekonomi dunia yang sedang melemah seperti saat ini. "Saya tidak mau tidak realistis, kalau dilihat dari situasi globalnya, pelemahan nilai tukar rupiah, kemudian di financial market-nya mengalami turbulence, kenaikan dari tingkat bunga. Mungkin tidak mudah untuk kita saat ini mencapai pertumbuhan ekonomi 6,3 persen. Itu sebabnya di DPR kemarin, kita (pemerintah) juga prognosis dalam semester I itu memperkirakan  pertumbuhan ekonominya menjadi 6,1 persen separuh semester. Dari situ saja keliatan bahwa kalau mau tumbuh 6,3 persen berarti di triwulan II kita harus tumbuh sekitar 6,4 persen hingga 6,5 persen," ungkap Menkeu.(ak)