Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Merintis Pembiayaan Sektor Perumahan

Jakarta, 27/03/2017 Kemenkeu - Pemerintah memberi dukungan untuk kebutuhan perumahan melalui dua skema, yaitu melakukan alokasi anggaran langsung melalui  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta meningkatkan akses terhadap pembiayaan perumahan. Saat ini, pemerintah mulai merintis suatu pembiayaan untuk sektor perumahan, karena pembangunan di sektor perumahan membutuhkan dana yang sangat besar dan jangka waktu yang panjang.


"Untuk anggaran pembangunan perumahan dan pemukiman yang dialokasikan melalui Menteri PUPR dalam APBN 2017 sebesar Rp24.457 miliar, serta pembiayaan secara tidak langsung dengan Penyertaan Modal Negara kepada PT SMF sebesar Rp27 triliun,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya membuka Investor Gathering 2017 yang diselenggarakan oleh PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF pada Senin (27/03) di Hotel Borobudur.


Menkeu berharap agar PT SMF terus menerus memperbaiki prestasi baik dalam penggunaan dana guna memaksimumkan leverage dan tetap berpegang pada asas kehati-hatian. “Melakukan fungsinya melalui seluruh kewenangan yang dimiliki dan dengan tata kelola yang baik dan dengan integrity yang tidak terkompromikan untuk terus berinovasi selaku lembaga pembiayaan sekunder bagi perumahan,” tegasnya. (ath/as)