Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Optimis Capital Inflow Dan Kepemilikan Asing di SUN akan Terus Meningkat


Jakarta, 27/07/2011 MoF (Fiscal) News - Nilai kepemilikan asing terhadap Surat Utang Negara pada tahun 2011 tak akan surut, bahkan dapat lebih meningkat. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, Rahmat Waluyanto pada Selasa (26/7) kemarin.

“Kemungkinan besar lebih meningkat lagi, karena situasi  global tidak memungkinkan investor global berinvestasi di Eropa dan Amerika Serikat,” katanya. Rahmat juga optimistis bahwa meningkatnya nilai kepemilikan asing terhadap SUN akan diikuti dengan terus mengalirnya capital inflow ke Indonesia hingga Semester II – 2011.

Perlambatan  pemulihan ekonomi di Eropa dan AS ditengarai menjadi penyebab utama keengganan para  investor berinvestasi di negara tersebut. “Di AS tingkat suku bunga di sana itu kemungkinan besar masih akan tetap rendah sekali, sehingga daya tariknya berkurang,” jelas Rahmat.

Sedangkan di Eropa, krisis utang atau krisis fiskal yang hingga kini tengah menerpa diyakini belum tentu dapat terselesaikan dalam waktu jangka menengah. “Krisis utang tersebut dalam waktu jangka menengah belum tentu dapat terselesaikan karena bersifat fundamental dan terstruktural,” katanya.  (ak)