Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Optimis Fenomena Global Hanya Bersifat Sesaat

Fundamental Ekonomi Kuat


Pemerintah Optimis Fenomena Global Hanya Bersifat Sesaat

 

Jakarta, 08/08/2011 MoF (Fiscal) News - Fenomena global yang berlangsung saat ini yang dipicu oleh menurunnya peringkat utang dan kemungkinan masuknya Amerika Serikat ke dalam resesi baru, diproyeksikan tidak akan belangsung lama. "Kita memperkirakan kepanikan ini tidak akan lama. Ada kepanikan (investor global) tetapi ini karena ada gangguan-gangguan dari kondisi ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa," demikian diungkapkan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar di Jakarta pada Senin (08/08)

Akibat pemangkasan peringkat utang AS oleh Standard & Poor's, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka langsung melemah 65,057 poin  atau 1,64%, turun ke level 3.857,098, yang diikuti oleh indeks LQ 45 yang juga turun 16,021 poin  atau 2,31%, berada di level 677,272. “Kepanikan yang terjadi di bursa saham regional dan berimbas pada bursa saham dalam negeri saya rasa hanya akan bersifat sesaat,” ungkap Mustafa.

Pemerintah,  lanjutnya, telah mempunyai berbagai langkah untuk mengantisipasi dan menghadapi berkembangnya kondisi perekonomian global. Ia menambahkan, baik dan solidnya kondisi makro  ekonomi Indonesia saat ini akan menjadi nilai tambah bagi investor untuk berinvestasi Indonesia. Terkait hal tersebut, pihaknya senantiasa mendorong BUMN untuk menawarkan saham kepada publik dan melakukan right issue. "Silakan IPO (Initial Public Offering) dan right issue, kenapa tidak, kondisi sekarang ini bisa membuat banyak dana akan mengalir ke Indonesia," paparnya.(ak)