Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tetap Tinggi Tahun Ini

Jakarta, 07/05/2013 MoF (Fiscal) News – Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Keuangan Hatta Rajasa mengaku tetap optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tetap akan tinggi di atas 6 persen pada tahun ini. Meskipun pada kuartal pertama terjadi perlambatan realisasi pertumbuhan ekonomi atau hanya sebesar 6,02 persen.

Hatta mengatakan, pada kuartal I, realisasi belanja pemerintah dalam APBN memang belum maksimal. Sehingga motor pendorong pertumbuhan tersebut belum berkontribusi dengan baik.

“Baru saja dapat laporan dibanding 2012 melambat pertumbuhan ekonomi, tapi kita tetap optimis pada kuartal berikutnya akan meningkat. Memang kuartal I juga dari sisi belanja APBN belanja modal belum cukup tinggi,” ujarnya di kantornya, Jakarta, Senin (6/5).

Dirinya mengatakan, melihat kondisi ekonomi global yang belum membaik saat ini, pemerintah harus realistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan sebesar 6,8 persen. Meski demikian, pemerintah meyakini ekonomi Indonesia masih dapat tumbuh sebesar 6,4 persen.

“Dalam APBN 6,8 persen tentu kita harus realistis melihat perkembangan global yang masih tetep belum menentu dan harus melakukan suatu perubahan dalam APBN kita. Saya optimis akan berada pada angka 6,4 persen masih bisa kejar,” tutupnya.

Saat ini pemerintah, menurutnya, juga sedang mempersiapkan pembahasan APBNP 2013. Sehingga perubahannya nanti dapat sesuai dengan kondisi ekonomi terkini. “Tentu kalau sudah RAPBNP harus sudah tentu satu angka, karena harus tentukan postur,” ungkapnya. (rja)