Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Optimistis Defisit Neraca Transaksi Berjalan Tahun Ini 2,5 Persen

Jakarta, 11/03/2014 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan optimistis neraca perdagangan pada kuartal I-2014 akan membaik, meski terjadi defisit pada Januari 2014. Optimisme ini didasarkan pada akan membaiknya kinera ekspor pada Bulan Februari dan Maret.

"Bicara (neraca perdagangan) tiga bulan sih oke, Januari itu weak memang, lemah karena tahun lalu defisit USD7 miliar, kemarin (Januari 2014) USD400 juta," demikian dipaparkan Menteri Keuangan M. Chatib Basri di Jakarta, Senin (10/3).

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada dua penyebab terjadinya defisit pada awal tahun ini, yaitu pertama, ekspor awal tahun yang lemah. Selain itu, banyak perusahaan yang mempercepat ekspor mineral pada Bulan Desember 2013 sebagai antisipasi kebijakan larangan ekspor mineral mentah.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, Menkeu meyakini perbaikan neraca perdagangan akan mulai terjadi pada Bulan Maret ini. "Pada triwulan II, kemungkinan defisit akan tinggi karena orang mulai akan belanja modal, dan di triwulan III dan IV, angka defisit akan semakin menurun," tambahnya.

Dengan kondisi tersebut, Menkeu optimistis defisit neraca transaksi berjalan sepanjang tahun 2014 akan berada pada kisaran 2,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Untuk mencapai target tersebut, menurutnya, arah kebijakan fiskal dan moneter harus tetap ketat.(ans)