Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Dapat Capai 6 Persen

Jakarta, 14/03/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2014 dapat mencapai 5,7-6 persen, lebih tinggi dari prediksi lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings yang sebesar 5,3 persen. "Setiap lembaga bisa saja memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dan defisit transaksi berjalan Indonesia, yang jelas pemerintah masih fokus dan tetap optimis menjaga target," jelas Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S. Brodjonegoro.

Ia menambahkan, pemerintah akan terus berupaya mengejar target defisit transaksi berjalan berada di bawah 3 persen, serta pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,7-6 persen. Untuk dapat mencapai target tersebut, pemerintah telah menyiapkan paket kebijakan jilid III yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat. Paket kebijakan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan investasi dan menurunkan impor.

Sebelumnya, Presiden Direktur Fitch Ratings Indonesia Baradita Katoppo menyatakan bahwa Ficth memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh di kisaran 5,3 persen. Namun, prediksi tersebut dapat direvisi ke atas karena adanya pesta demokrasi pada tahun 2014 ini. "Kontribusi belanja Pemilu dan pertumbuhan ekspor dapat menjadi penolong pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

Ia menambahkan, perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya disebabkan belum optimalnya kinerja ekspor Indonesia. Hal ini sejalan dengan masih melemahnya permintaan dari negara mitra seperti China. Sementara itu, impor migas masih akan cukup tinggi. Meski Ficth Ratings memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melambat, tetapi secara keseluruhan, Baradita melihat risiko Indonesia akan termitigasi dengan baik. "Langkah yang diambil pemerintah diharapkan mampu mengelola tekanan risiko seperti tahun lalu," terangnya.(ans)