Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Optimistis Rating Prospek Utang Indonesia Dapat Diperbaiki

Jakarta, 03/05/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah optimistis penurunan rating prospek utang Indonesia dari lembaga pemeringkat Standard & Poor's (S&P) dari positif ke stabil dinilai masih memungkinkan untuk diperbaiki, salah satunya dengan menyehatkan fiskal Indonesia. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Keuangan Hatta Radjasa di Manado, Jumat (3/5).

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena S&P menyoroti kebijakan pemerintah dalam mengatasi masalah bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dan defisit anggaran maupun perdagangan. Oleh karena itu, ke depan pemerintah memiliki tugas untuk mengupayakan penyehatan fiskal. "Itu (penurunan)  lebih kepada soal kebijakan subsidi, karena kita punya roadmap empat tahun mengurangi subsidi. Kita sedang bicarakan itu," jelasnya.

Sebagai informasi, S&P merevisi prospek utang Indonesia menjadi stabil dari sebelumnya positif. S&P menyatakan bahwa posisi rating tersebut didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam satu dekade terakhir, pengelolaan fiskal yang berhati-hati, dan beban utang pemerintah yang rendah. Meski demikian, S&P menilai momentum perbaikan terlalu lama, sedangkan potensi untuk peningkatan rating telah berkurang.(ans)