Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Pemerintah Pertegas KUR untuk Usaha Kecil di Paket Kebijakan III

Jakarta, 08/10/2015 Kemenkeu - Pemerintah telah meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi Ketiga pada Rabu (07/10). Dalam paket kali ini, salah satu kebijakan yang dipertegas adalah penurunan tingkat bunga KUR dari 22 persen menjadi 12 persen. Kebijakan ini ditujukan untuk meningkatkan akses wirausahawan kepada kredit perbankan. Para keluarga yang memiliki penghasilan tetap dapat menerima KUR untuk sektor usaha produktif.


Dari informasi yang dilansir melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, melalui kebijakan ini, bank-bank yang menyalurkan KUR didorong melakukan upaya pro-aktif menawarkan kepada yang bersangkutan, sehingga akan meningkatkan peserta KUR sekaligus mendorong tumbuhnya wirausahawan baru.  


Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyampaikan bahwa pemerintah telah menaikkan anggaran untuk subsidi bunga KUR sebesar Rp1 triliun, dari sebelumnya hanya Rp400 miliar. KUR mikro ini dapat diakses oleh pelaku usaha mikro dan kecil dengan besaran kredit Rp25 juta tanpa agunan. Pada 30 Juli 2015, Menkeu telah menetapkan PMK nomor 146 tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Subsidi Bunga untuk KUR. (as)